menu
HomeErasmus Taalcentrum Bahasa Belanda di Indonesia
  • Erasmus Taalcentrum
  • Erasmus Taalcentrum
  • Erasmus Taalcentrum
  • Erasmus Taalcentrum
  • Erasmus Taalcentrum
  • Erasmus Taalcentrum
  • Erasmus Taalcentrum
  • Erasmus Taalcentrum

Tentang kami

Bahasa Belanda di Indonesia PDF Print E-mail

Bahasa Belanda adalah salah satu bahasa resmi masyarakat Eropa. Di Negeri Belanda, Belgia dan Suriname, bahasa Belanda dituturkan di lingkungan pemerintahan dan pendidikan. Selain itu, bahasa Belanda digunakan juga dalam siaran radio, televisi atau media komunikasi lainnya. Penutur bahasa Belanda diperkirakan mencapai 23 juta orang.

Di Indonesia, bahasa Belanda mendapat peran yang spesial karena adanya hubungan yang khusus antara Indonesia dan Belanda. Segelintir masyarakat Indonesia masih menguasai bahasa Belanda sebagai bahasa kedua. Akan tetapi, generasi muda Indonesia mempelajari bahasa Belanda semata-mata sebagai bahasa asing, di samping bahasa Inggris atau bahasa Jepang, misalnya.

Bahasa Belanda dapat dipelajari di berbagai universitas dan lembaga bahasa dan budaya Belanda. Universitas Indonesia selama lebih dari 40 tahun telah menyelenggarakan pendidikan jenjang S-1: Program Studi Belanda. Mahasiswa pada program ini hampir 300 orang. Di Semarang, terdapat program pendidikan D-3 AKABA ‘17’ yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli madya di perusahaan atau sektor pariwisata. Di beberapa universitas, bahasa Belanda diajarkan sebagai mata kuliah tambahan; kadangkala sebagai mata kuliah wajib sebagaimana yang terdapat dalam studi sejarah. Di fakultas hukum, bahasa Belanda juga dicantumkan dalam kurikulum. Program studi antropologi, linguistik, arkeologi, dan ilmu agama Islam memberikan kuliah bahasa Belanda, karena banyak sumber bidang studi tersebut tertulis dalam bahasa Belanda. Dalam hal ini, kemahiran membaca teks menjadi tujuan pembelajaran yang utama.

Di lembaga bahasa dan budaya Belanda ditawarkan kursus bahasa Belanda bagi masyarakat luas. Kursus ini melatih kemahiran berkomunikasi dalam bahasa Belanda: kemahiran berbicara dan mendengar. Lembaga tersebut berada di Jakarta (Erasmus Taalcentrum, ETC), di Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Semarang.

Pusat Bahasa Belanda Erasmus adalah anak lembaga Nederlandse Taalunie (NTU), badan internasional yang beranggotakan Negeri Belanda, Belgia, dan Suriname. NTU mendukung kegiatan pengajaran dan pelatihan bahasa Belanda di Indonesia, baik kegiatan di lingkup universitas maupun lembaga kursus. Setiap tahun ada sejumlah program pelatihan yang ditujukan bagi para dosen bahasa Belanda. Tersedia sejumlah beasiswa bagi mahasiswa dan peserta kursus untuk mengikuti program musim panas atau bagi para dosen bahasa Belanda untuk mengikuti pelatihan di Negeri Belanda dan Belgia. Pada setiap Mei, mahasiswa dan peserta kursus dapat mengikuti ujian internasional bahasa Belanda yang diselenggarakan oleh NTU. Ujian internasional itu dikenal dengan sebutan: Certificaat Nederlands als Vreemde Taal.

Bahasa Belanda mendapat tempat dalam bahasa Indonesia melalui banyaknya kosa kata yang diserap dari bahasa Belanda, seperti knalpot, bekleding, permak [vermaak],dan atret [achteruit]. Sebaliknya, dalam bahasa Belanda juga terdapat kosa kata dari bahasa Indonesia seperti senang, nasi,dan kaki.

 

Film:  Waar ben je nou? Belajar Bahasa Belanda di Indonesia.

 

   
     

Apabila Anda ingin bertanya mengenai bahasa Belanda di Indonesia, jangan ragu, segera hubungi Pusat Bahasa Belanda Erasmus.

 

 


Copyright Erasmus Taalcentrum
Powered by asacreative